Animation 1 Animation 2

Susunan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi di RSUP Dr. Kariadi Semarang   Atasan PPID Pelaksana :…

Profil Lengkap

LAPORAN TAHUN 2017 RSUP DR. KARIADI SEMARANG

23-Februari-2018 | hit : 283

LAPORAN TAHUN 2017
RSUP DR. KARIADI SEMARANG
 
  
DAFTAR ISI
Hal
Halaman Judul ............................................................................... i
Lembar Pengesahan ....................................................................... ii
Kata Pengantar .............................................................................. iii
Daftar Isi ........................................................................................ iv
Daftar Tabel ................................................................................... vi
Daftar Gambar ................................................................................ vii
Daftar Lampiran ............................................................................. viii
Ringkasan Eksekutif ....................................................................... ix
BAB I PENDAHULUAN
1.1. Latar Belakang ........................................................................ 1
1.2. Maksud dan Tujuan ................................................................. 1
1.3. Ruang Lingkup Laporan .......................................................... 2
BAB II ANALISIS SITUASI AWAL TAHUN
2.1. Hambatan Tahun 2016 ........................................................... 3
2.2. Kelembagaan .......................................................................... 4
2.2.1. Tugas Rumah Sakit ........................................................ 4
2.2.2. Fungsi Rumah Sakit ....................................................... 4
2.2.3. Struktur Organisasi Rumah Sakit ................................... 4
2.3. Sumber Daya .......................................................................... 7
2.3.1. Sumber Daya Manusia .................................................. 7
2.3.1.1. Gambaran Ketenagaan RS Tahun 2017 ........... 7
2.3.1.2. Analisa Ketenagaan Rumah Sakit ..................... 9
2.3.1.3 Kebutuhan Tenaga Di RS Tahun 2017 dan Rencana
Pemenuhan Kebutuhan ...................................... 9
2.4. Sarana dan Prasarana ............................................................ 11
2.5. Alokasi Dana ........................................................................... 12
2.5.1. Anggaran yang Bersumber Dari DIPA APBN ................. 13
2.5.2. Anggaran yang Bersumber Dari DIPA Non APBN .......... 13
BAB III TUJUAN DAN SASARAN KERJA
3.1. Dasar Hukum .......................................................................... 14
3.2. Tujuan, Sasaran dan Indikator ................................................ 15
3.3. Rencana Target Capaian ........................................................ 18 
3.3.1. Indikator Kinerja BLU ..................................................... 18
3.3.2. Indikator Kinerja Individu ................................................ 22
3.3.3. Indikator Kinerja Terpilih ................................................ 23
3.3.4. Penetapan Kinerja ........................................................ 24
BAB IV STRATEGI PELAKSANAAN
4.1. Strategi Pencapaian Tujuan dan Sasaran ............................... 26
4.2. Hambatan dan Pelaksanaan Strategi ...................................... 26
4.3. Upaya Tindak Lanjut ............................................................... 27
BAB V HASIL KERJA
5.1. Pencapaian Target Kinerja ....................................................... 29
5.1.1. Pelayanan Rawat Inap ................................................. 29
5.1.2. Pelayanan Rawat Jalan .................................................. 33
5.1.3. Pelayanan Rawat Darurat ............................................... 36
5.2. Pencapaian Pendapatan Tahun 2017 ..................................... 36
5.3. Capaian Indikator Kinerja BLU ................................................ 37
5.4. Capaian Indikator Kinerja Individu ........................................... 41
5.5. Capaian Kinerja Terpilih ......................................................... 42
5.6. Capaian Indikator Kinerja Utama .............................................. 44
5.7. Realisasi Anggaran ................................................................. 55
5.8. Upaya Mewujudkan Tata Kelola Organisasi
dan Klinik yang Baik ................................................................ 56
5.9. Kegiatan dan Prestasi RSUP Dr. Kariadi
Tahun 2017 ............................................................................... 57
BAB VI PENUTUP
6.1. Simpulan ................................................................................. 60
6.2. Saran ...................................................................................... 60
 
IKHTISAR EKSEKUTIF
Dalam rangka mendorong terwujudnya aparat pemerintah yang profesional, bersih dan berwibawa, RSUP Dr. Kariadi menyusun Laporan Tahun 2017 sebagai wujud pertanggungjawaban pelaksanaan kegiatan dalam mencapai visi, misi dan tujuan organisasi mewujudkan “ good governance”. Penyusunan laporan pertanggungjawaban pelaksanaan seluruh kegiatan RSUP Dr. Kariadi ini mengacu pada tugas pokok dan fungsi organisasi yang dijabarkan dalam rencana stretegis (RENSTRA) RSUP Dr. Kariadi.
Sebagaimana tercantum dalam Rencana Strategis RSUP Dr. Kariadi tahun 2015-2019, RSUP Dr. Kariadi memiliki tujuan organisasi yaitu : terwujudnya RSUP Dr. Kariadi sebagai Rumah Sakit Pendidikan dan Rujukan Nasional yang unggul.
Sasaran yang ingin dicapai di tahun 2015-2019 adalah : (1) Terwujudnya peningkatan kompetensi dan budaya kinerja SDM; (2) Terwujudnya sarana prasarana berbasis HTA, (3) Terwujudnya sistem IT yang terintegrasi, (4) Terwujudnya tata kelola organisasi yang baik, (5) Terwujudnya tata kelola klinik yang baik, (6) Terwujudnya peningkatan peran RS Pendidikan, (7) Terwujudnya integrasi pelayanan pendidikan dan penelitian yang berkualitas , (8) Terwujudnya pelayanan unggulan, (9) Terwujudnya RS rujukan Nasional, (10) Terwujudnya efisiensi anggaran, (11) Terwujudnya kepuasan stakeholder.
Dalam rangka optimalisasi pelaksanaan tugas pokok dan fungsi, RSUP Dr. Kariadi sebagai BLU setiap tahun telah menyusun Rencana Kerja Tahunan yang mengacu pada Rencana Bisnis dan Anggaran (RBA) yang berbasis kinerja dan Rencana Strategis Bisnis (RSB) yang telah ditetapkan. Penyusunan RBA berdasarkan atas kemampuan pendapatan yang akan diterima baik yang bersumber dari APBN maupun dari jasa layanan rumah sakit.
Dalam pelaksanaan kinerja organisasi yang berorientasi pada hasil, baik berupa output maupun outcome berbagai upaya telah dilakukan terbukti adanya beberapa penghargaan di tahun 2017 yang diantaranya Penghargaan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia tanggal 8 Februari 2017 sebagai Rumah Sakit dengan Akuntabilitas Pengelolaan Keuangan ditinjau dari Pengelolaan Pendapatan dan Piutang Terbaik, Lomba Inovasi 3 in 1 yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, dan mendapatkan piagam penghargaan sebagai “Top 99 Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2017”, Lomba Green Hospital untuk RS UPT Vertikal RSUP Dr Kariadi mendapatkan Juara I dan RSUP Dr Kariadi mendapat penghargaan sebagai Rumah Sakit yang Mengimplementasikan Aplikasi Ditjen Pelayanan Kesehatan Terbaik Tahun 2017 Kategori Rumah Sakit Umum.
Evaluasi pencapaian kinerja RSUP Dr. Kariadi pada Tahun 2017 secara garis besar dapat digambarkan dalam keberhasilan dan kekurangan antara lain: tercapainya tingkat kinerja dengan tingkat kesehatan sebesar 82,25 (kategori baik:AA), realisasi anggaran berdasarkan aspek keuangan sesuai anggaran secara keseluruhan baik DIPA APBN (Rupiah Murni) dan Non APBN (BLU) yang menggambarkan perbandingan antara anggaran dengan realisasinya sebesar 92,64%, mengacu pada 11 sasaran yang diturunkan ke dalam 20 indikator kinerja utama tahun 2017 pada Kontrak Kinerja telah berhasil dicapai 16 indikator (80%).